PROFIL PONDOK PESANTREN AL IRSYAD


Berdirinya Pondok Pesantren Al-Irsyad, berawal dari kegiatan rutinan tahtiman Al quran bil ghoib pada setiap sebulan sekali, yakni dilaksanakan pada setiap malam Jum’at pahing, yang beranggotakan ibu-ibu desa Ngembal rejo kabupaten Kudus dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut di mulai sejak tahun 1983 M. dan bertempat di ruang tamu dan teras halaman rumah ibu Nyai Siti Khodijah Al Hafidzoh. Selain digunakan tempat tahtiman Al Qur’an bil ghoib (hafalan) setiap sebulan sekali, terdapat juga kegiatan belajar Al Qur’an bagi warga desa Ngembalrejo dan sekitarnya,dan dari beberapa anak tersebut terdapat santri yang berniat menghafalkan Al Qur’an secara bil ghoib, beberapa ada yang sistemnya setoran dan kembali pulang ke rumahnya masing-masing, dan ada beberapa santri tersebut yang ingin tinggal di rumah atau asrama(mondok).

Seiring bertambahnya waktu dan semakin banyaknya santri yang ingin bertempat tinggal, maka di butuhkan tempat tinggal yang cukup memadai guna menopang kegiatan belajar para santri tersebut.

Pondok pesantren Al-Irsyad di dirikan pada tanggal 24 oktober 2010 M. dan di dirikan di tanah milik bapak Sholihin MN dan Ibu nyai Siti Khodijah. Pondok pesantren ini masuk kategori pesantren salaf yang menjunjung tinggi nilai salaf yang mengkuti ajaran Salafusshalih(ulama salaf), dan lebih condong ke pembalajaran tahfidz atau pun menghafal Al Qur’an 30 Juz

Sedangkan untuk sistem pembelajaran di PP Al Irsyad dengan menggunakan metode bandongan dan sorogan, yakni menggunakan metode satu arah. Metode bandongan yakni gurunya membaca dan satri ataupun murid tersebut mendengarkan dan menyimak bacaaan dari guru. dan metode sorogan adalah santrinya membaca dan gurunya mendengarkan dengan mengoreksi bacaan murid tersebut.

Disamping dengan gaya klasikal dengan metode bandongan dan sorogan,PP Al Irsyad juga mengadakan pembelajaran pengajian kitab salaf ataupun kitab kuning,layaknya fiqih,hadist,ulumul qur’an dll. Dan di pondok pesantren AL-Irsyad juga diajarkan metode modern, dengan diajarkan bahasa arab dan ilmu informatika. Untuk pemberlajaran Bahasa arab lebih terfokus kepada bahasa arab Qur’ani, yakni bahasa arab guna memahami dan meresapi kandungan isi daripada Al Qur’an yang sarat dengan makna yang luas.

Dengan itu berdirinya pondok pesantren Al-Irsyad telah didirikan guna membangun kader-kader jiwa-jiwa islami yang menjunjung nilai-nilai islam yang tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semoga Allah meridloi niat kita. Allahumma Amin.

0 komentar: